Selasa, 13 Desember 2011

kisah seorang profesor dan tukang perahu

assalamualaikum wr.wb
gua sekedar mau berbagi cerita aja semoga cerita ini bisa bermanfaat dan bisa diambil hikmahnya ;)
Kisah Seorang Profesor dan Tukang Perahu
Suatu hari, ada seorang profesor yang akan melakukan penelitian di sebuah hutan besar, dan untuk memasuki hutan itu dia harus menyebrangi sungai yang cukup luas dan dalam.
Di seberang sungai terdapat seorang tukang perahu dan perahunya.
Profesor itu berkata, “Tolong antarkan saya untuk mengelilingi sepanjang sungai ini hingga sampai ke hutan, nanti aku akan membayarmu”
Dengan wajah bahagia tukang perahu tersebut mengantar profesor tersebut mengelilingi sungai.
Di perjalanan, profesor itu bertanya kepada tukang perahu, “apakah kamu tau apa itu ilmu geografi?”
Tukang perahu menjawab “Tuan, saya ini hanya tukang perahu, saya tidak tau apa itu ilmu geografi”
dengan angkuhnya profesor itu menjawab “Sayang sekali, padahal ilmu itu sangat penting buat manusia, jika kamu tidak tau ilmu itu sama saja kamu kehilangan 25% hidupmu.”
Mendengar perkataan itu tukang perahu sedikit tertunduk malu dan terus mengayuh perahunya.
Beberapa saat kemudian, profesor tersebut kembali bertanya, “Apakah kamu tau apa itu ilmu botani?”
Dengan pelan tukang perahu menjawab “Tuan, ilmu geografi saja saya tidak tau, apalagi ilmu botani”
Profesor menjawab “Sayang sekali, kalau kamu tidak tau ilmu itu sama saja kamu kehilangan 50% kehidupanmu”
Kembali mendengar perkataan itu tukang perahu sedikit merasa sakit hati dan kembali mengayuh dayung perahunya.
Sesaat setelah itu profesor kembali bertanya kepada tukang perahu “Apakah kamu tau apakah itu ilmu geologi?”
Kembali dengan tertunduk malu tukang perahu menjawab “tuan, ilmu geografi dan botani saja saya tidak tau apalagi ilmu geologi, saya hanya sekolah sampai kelas 4 SD saya tidak tau tentang hal tersebut”
Profesor dengan sombong dan prihatin menjawab “sayang sekali kamu tidak mengetahui semua itu berarti menurut saya kamu telah kehilangan 75% kehidupan kamu karena tidak mengetahui semua ilmu tersebut”
Mendengar hal itu tukang perahu merasa sakit hati dan tidak konsentrasi dalam mengayuh perahunya dan tiba2 perahu itu menabrak batu besar dan bocor.
Semua air masuk kedalam perahu dan perahu akan tenggelam.
Profesor merasa panik dan tukang perahu tenang2 saja karena bisa berenang.
Kini kebalikannya, tukang perahu bersantai bertanya kepada profesor tersebut “Tuan apakah anda bisa berenang?”
Dengan panik profesor menjawab “saya tidak bisa berenang”
Dengan santai tukang perahu menjawab “sayang sekali tuan, percuma tuan belajar banyak ilmu tetapi anda harus kehilangan 100% persen kehidupan anda karena tidak bisa berenang dan tenggelam disini”
Tukang perahu meninggalkan perahunya yg tenggelam begitu saja bersama profesor yang kehilangan nyawanya dgn sia2.
Terimakasih yg sudah baca ceritanya walau ga nyambung :D
#like dan comment ya :)
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar